Saturday, June 9, 2007

Jangan Gempa Lagi !!!!

Beberapa hari lalu kawan kuliahku kasih kabar. Dia bilang, Ina Akbar yang tinggal di Lahewa, Nias Utara, ketakutan. Lagi-lagi ancaman. Kalau bukan Gempa ya Tsunami. Gila! Tidak ada cerita lain di Nias kecuali bencana. Kita hanya bisa berdoa pada Tuhan. Cuma itu dan tak lebih. Semua berharap Nias tidak alami genmpa seprti 2005 kemarin.
Gempa buat semua hancur. pohon-pohon kelapa didekat Labuhan Aceh, Distrik Lahewa, rusak karena gempa. Tak ada lagi kegiatan produksi kopra disana. Perekonomian hancur karena gempa.
Mudah-mudahan, gempa cuma isu dan tidak pernah ada lagi. Lupakan derita! Lelah. Menderita itu melelahkan. Tsunami jangan datang! Ayo tersenyum!
Jangan berpikir kehidupan di Nias berakhir! Masih ada kehidupan di sana. Masih ada pantai. Bocah-bocah kecil masih bersemangat jalan kaki ke sekolah meski guru mereka tidak datang. dipundak mereka Nias dimasa depan. Biarkan mereka bermimpi! Biarkan mereka jadi orang Idealis, walau menyakitkan. Bantu mereka ujudkan mimpi mereka! Buat mereka, bocah-bocah itu bahagia. Sayangi mereka! Jangan rengut masa kecilnya.
Jangan biarkan mahluk-mahluk mungil itu merana! Ciptakan Suasana nyaman untuk mereka. atau mereka akan hakimi kita dimasa depan. Seperti Soe Hok Gie dkk menghakimi Soekarno dulu.
Biarkanlah mereka menari! Buatlah! Lalu lihatlah!! Bocah-bocah kecil itu masih bisa tersenyum, berlari, tentu saja menyanyikan lagu "Tana Niha Banua Somasido, Tanasi tumbu Yaofena Hemukolinda O bazare, baleo lifudosa ia, Tana O, Tumbudo, Mohilibae bolondaso, so nungo nidane mbombo, fasui asi sebolo" (maaf kalu liriknya salah, saya kurang bisa bahasa Nias)

No comments:

Blog Archive

Bumi Manusia

Bumi Manusia
Peta Nias